Dompu,- Salah satu hajat terbesar Daerah Kabupaten Dompu yaitu "Dompu Expo" telah dimulai, dengan diawali kegiatan Karnaval Muna Pa'a pada Hari Senin sore Tanggal 24 Juni 2024.

Adapun peserta Karnaval Muna Pa'a dilepas secara resmi oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani mulai dari Lapangan Beringin Pemda Dompu menuju titik kumpul di Lapangan Karijawa Dompu yang menjadi lokasi utama kegiatan "Dompu Expo".

Bupati beserta rombongan Forkopimda melakukan tarian Muna Pa'a setelah sampai di lokasi utama event "Dompu Expo", dan dilanjutkan dengan pertunjukan musik Gendang Beleq (Sasak) dan Tarian Mama Ra Horma yang ditampilkan oleh anak-anak asuhan Sanggar Mada Ntana Desa Ranggo Kecamatan Pajo.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekarang Masyarakat tidak perlu lagi meragukan keindahan pariwisata yang ada di Kabupaten Dompu. 

"Kemudian di utara kita memiliki Pulau Satonda dengan segala keunikannya serta Taman Nasional Gunung Tambora dengan semua keindahannya yang sangat mengagumkan. Ini merupakan anugerah yang tiada terhingga dari Allah subhanahu wa ta'ala," ucapnya.

Kemudian Bupati juga menerangkan tentang Kabupaten Dompu yang dikelilingi oleh Tiga Teluk besar yang menghasilkan kebutuhan perikanan cukup melimpah dan telah mampu menembus pasar nasional. Demikian juga dengan potensi sapi di padang savana wilayah Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu memiliki padang penggembalaan yang sangat luas yaitu di Doroncanga. 

"Potensi lain di sekitar Gunung Tambora adalah kopi tambora kopi yang sudah dikenal sampai ke luar negeri Dengan cita rasanya yang sangat khas, sebagai daerah dengan sektor pertanian yang berkontribusi paling besar terhadap PDRB, angka produktivitas pertanian Kabupaten Dompu khususnya jagung merupakan yang tertinggi," ungkap Bupati Dompu.

Di samping itu Kabupaten Dompu juga memiliki tenunan yang merupakan tenunan asli Dompu dan makanan timbu yang merupakan makanan khas. Keduanya telah terdaftar dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asal Dompu.

"Ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan untuk menjadi peluang bisnis serta dapat menarik minat investor untuk masuk dan berinvestasi di daerah kita Kabupaten Dompu," paparnya. 

Dalam pagelaran "Dompu Expo" kali ini akan disediakan kuliner ikan, steak sapi lamtoro, dan kopi tambora yang seluruhnya gratis bagi para pengunjung Dompu Expo 2024. 

Pagelaran Dompu Expo selain ajang promosi bagi produk dan potensi lokal, kegiatan ini juga untuk menginformasikan semua pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan selama 3 tahun kepemimpinan AKJ-SYAH. 

"Dalam kurun waktu tersebut aktivitas ekonomi selalu tumbuh positif dan meningkat di mana pada awal kepemimpinan kami tercatat ekonomi dalam kondisi minus 3,21% dan pada saat ini ekonomi tumbuh menjadi 3,17%," urainya.

Dikemukakan Bupati, tumbuhnya perekonomian daerah ikut mendongkrak tingkat pendapatan perkapita masyarakat Kabupaten Dompu. Melihat wirausaha baru yang menjamur di setiap wilayah se Kabupaten Dompu menunjukkan aktivitas ekonomi yang semakin membaik. 

"Sepanjang kepemimpinan kami telah terbentuk sedikitnya 1300 wirausaha baru di seluruh Kabupaten Dompu," sebutnya

Dikemukakan Bupati, berdasarkan data BPS, pendapatan per kapita masyarakat Dompu saat ini 34,4 juta rupiah yang nerupakan terbaik ketiga setelah KSB dan Kota Mataram. 

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengapresiasi dukungan dan semangat seluruh elemen masyarakat Dompu yang mengikuti Karnaval Muna Pa'a. Selanjutnya Bupati berharap agenda Dompu Expo ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.(TN).