Dompu
, - Bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nomor 1 Dompu, Selasa (23/07/24) Bupati Dompu, H. Kader Jaelani atau yang akrab disapa Bupati AKJ mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2024.

Pekan Imunisasi Nasional bertujuan untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. 

Pemberian imunisasi akan dilakukan secara serentak di berbagai lokasi, termasuk posyandu, puskesmas, sekolah, dan pos pelayanan imunisasi terdekat dengan menyasar sejumlah anak yang wajib di imunisasi polio.

Begitu pula halnya di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tengggara Barat (NTB) pelaksanan PIN berjalan serentak di seluruh wilayah kerja Puskesmas Se Kabupaten Dompu.

Pencanangan Pekan Imunisasi Tingkat Kabupaten Dompu ditandai dengan meneteskan vaksin polio kepada salah seorang anak Oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani. 

Penetesan vaksin polio juga dilakukan Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat, Pejabat Struktural dan Fungsional, Ketua TP. PKK, Ny. Hj. Lilis Suryani H. Kader Jaelani, Ketua GOW, Hj. Siti Faridah H. Syahrul Parsan, Ketua DWP, Niken Kusumawati, S.IT, M.Kes, dan elemen penting lainnya.

Dalam amanatnya di kegiatan PIN ini Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyampaikan harapan dengan dilakukannya PIN polio akan hadir anak-anak yang sehat dan tangguh bebas dari penyakit polio.

"Dengan dilakukannya PIN Polio ini tentunya akan membuat anak-anak yang tumbuh sehat, tangguh dan bebas dari penyakit polio", katanya.

Anak-anak yang tumbuh sehat dan tangguh akan sangat diharapkan dalam menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045 nantinya ujarnya menambahkan.

Berikutnya dalam kesempatan ini juga Bupati AKJ menyampaikan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat untuk membantu menyukseskan pelaksanaan PIN tahun 2024.

"Suksesnya PIN 2024 tingkat Kabupaten Dompu saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama dan bekerjasama bahu membahu membantu kelancaran pelaksanaanya dengan menyiapkan anak-anak yang wajib untuk divaksin polio pada sarana atau fasilitas kesehatan yang ada", ucapnya menyampaikan himbauan.

Pencangan PIN Tingkat Kabupaten Dompu berjalan aman, tertib dan lancar dengan mendapat dukungan yang antusias dari segenap elemen masyarakat. (TN).