Dompu
, - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Rabu (31/07/24) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan Sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. 

Sosialisasi berlangsung di halaman Kantor Bapenda Kabupaten Dompu dihadiri Sekda Gatot Gunawan PP, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Kabag Setda dan Pejabat Struktural dan Fungsional lainnya. 

Dalam arahannya di acara sosialisasi yang berlangsung Sekda Gatot Gunawan PP menyampaikan harapan dengan Perda Nomor 8 Tahun 2023 ini diharapkan potensi pajak dan retribusi daerah bisa meningkat. 

Menurut Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra potensi pajak dan retribusi daerah masih belum dikelola dengan maksimal. 

"Kehadiran Perda Nomor 8 Tahun 2023 ini tentu akan membawa perubahan karena akan menjadi payung hukum dalam penataan potensi pajak dan retribusi daerah", ucapnya. 

Berbagai hal yang berkaitan dengan pajak dan retribusi daerah sudah diatur dalam regulasi atau Perda yang disosialisasikan hari ini katanya lagi.

Sekda Gatot Gunawan PP kemudian mengungkapkan dengan hasil pajak dan retribusi daerah akan memberikan peluang bagi daerah meningkatkan pendapatan asli daerah yang dibutuhkan bagi pembiayaan pembangunan daerah.

"Perda Nomor 8 ini mejadi payung hukum dalam penatakelolaan potensi pajak dan retribusi daerah yang dibutuhkan untuk pembiayaan pembangunan daerah", terangnya.

Berikutnya lagi Sekda yang hobbi olahraga bersepeda tersebut mengucapkan selamat memasuki Purna tugas kepada Kepala Bapenda, Drs. H. Muhibuddin, M.Si.

"Selamat dan sukses bagi Aba Hi (sapaan akrab Drs. H. Muhibuddin, M.Si), karena besok (hari ini red) akan Purna tugas sebagai ASN", ucapnya memberi selamat.

Dalam tugas dan fungsinya sebagai ASN ataupun sebagai pimpinan perangkat daerah, Aba Hi telah mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk kemajuan daerah. 

"Pengabdian dan dedikasi yang diberikan Aba Hi selama bertugas dalam birokrasi pemerintahan layak dijadikan contoh tauladan bagi setiap ASN", ucap Sekda.

Lanjut Sekda atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Aba Hi dan mudah-mudahan terus dapat memberikan pengabdian dalam bentuk yang lain bagi daerah dan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Berikutnya Aba Hi dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih yang tulus dan ikhlas atas kebersamaan dan kerjasama dengan semua pihak selama melakukan pengabdian sebagai ASN. 

"Saya ucapkan Terima kasih yang tulus dan ikhlas atas semua kebersamaan dan kerjasama selama ini dan juga menghaturkan permohonan maaf bila ada salah dan khilaf selama saya menjalankan tugas sebagai ASN maupun sebagai Pimpinan Perangkat Daerah", tuturnya. (TN).