Dompu
,-  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Dompu merayakan Hari Koperasi Nasional Ke-77 Tingkat Kabupaten Dompu yang diadakan di Aula Dinas Koperasi, Rabu (24/07/24).

Ikut hadir pada perayaan ini Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Masyarakat dan SDM Miftahul Su’adah ST., Staf Ahli Bupati Khairul Insyan SE. MM, Kadis DPPPA Abdul Syahid, SH., Pimpinan Dewan Koperasi Daerah Kabupaten Dompu serta para pengurus Koperasi dan Pelaku UMKM Se-Kabupaten Dompu.   

Mengawali sambutannya Wakil Bupati Dompu mengatakan pembentukkan Koperasi disamping mengajarkan pada kita untuk lebih mandiri juga pendiriannya dihajatkan untuk membantu masyarakat. 

Akan tetapi pada satu sisi dari pantauan saya, ada beberapa koperasi sering memanfaatkan kondisi masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan nilai suka bunga yang terlampau tinggi dengan jangka waktu yang pendek. 

“Ini sering terjadi, untuk itu saya minta kepada Diskop dan UKM Kabupaten Dompu untuk melakukan pembinaan dan pengawasan agar Koperasi bisa berjalan sebagaimana mestinya”tegasnya

Wabup melanjutkan misi AKJ-Syah Jarapasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) merupakan program unggulan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Dompu tahun 2021-2026 memiliki makna yang mendalam salah satunya dengan istilah Pasaka Desa atau Pusaka.

Masa pemerintahan kami bercita-cita  mempunyai mimpi, bagaimana Kabupaten Dompu ini di Desanya masing-masing mempunyai pasaka atau usaha sendiri yang bisa diandalkan untuk meningkatkan pendapatkan masyarakat.

Seperti  kelompok usaha yang bergerak dibidang perikanan, pertanian dan perkebunan atau usaha lainnya yang bisa menggenjot perputaran ekonomi, tentunya usaha ini akan bisa berkembang harus ada yang mengelola yakni  dengan pembentukkan Koperasi Desa. Koperasi Desa inilah nantinya akan berhubungan langsung pengelolaanya lewat Bumdes atau Perusda.

Inilah sebenarnya terjemahan visi yang kami inginkan. Pasaka Desa merupakan ciri khas tiap Desa yang bisa diandalkan dan dikembangkan di masing-masing Desa lewat Koperasi.     

“Jika ini terwujud Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) seperti yang kita impikan bersama bisa terwujud” harapnya

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Dompu Hj. Daryati Kustilawati, SE. M.Si dalam laporannya mengatakan, Alhamdulillah berdasarkan data yang masuk saat ini tercatat jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Dompu sekitar 374 dari tahun ketahun  kuantitas dan kualitasnya semakin berkembang.

Hal ini membuktikkan minat masyarakat untuk membentuk usaha koperasi semakin tinggi dan masyarakat semakin sadar dengan adanya Koperasi bisa membantu meningkat perekonomian.

Selain seremonial acara Hari Koperasi Nasional ke -77 pada momentum ini juga dlakukan penyerahan simbolis piagam penghargaan kepada Koperasi berkualitas, penerimaan sertifikat Nomor Induk Koperasi dan penyerahan peralatan UKM bagi Koperasi binaan. (TN)