Dompu
,- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Dompu Kementerian Agama Kabupaten Dompu menjadi wakil Kabupaten dalam perlombaan KUA percontohan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jum'at (09/08/2024) Pukul 09.00 WITA.

Kepala KUA Kecamatan Dompu Zikrul Muttakin, S.Ag menyampaikan syukur atas kepercayaan yang telah diberikan kepada jajarannya.

" Kami berterimakasih karena sudah ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Dompu dalam kegiatan lomba KUA percontohan tingkat provinsi dan ini yang kedua kalinya", ucap Zikrul.

Yang lebih penting lagi, kata Zikrul melanjutkan, selain kerjasama dengan jajarannya, KUA Kecamatan Dompu juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas DPPKB Dompu. " Selain bekerjasama dengan teman-teman di Kantor kita juga bekerjasama dengan teman-teman lintas sektor baik dari KUPTD DPPKB, KUPTD Puskesmas Dompu Kota, dan KUPTD Puskesmas Dompu Timur yang pada intinya ini semua demi peningkatan pelayanan kita kepada Masyarakat dari semua lini, bukan saja dari sesi religius saja tapi dari segi lain juga contohnya seperti kesehatan", lanjutnya.

" Mudah-mudahan Dompu menjadi yang terbaiklah untuk NTB", harap Zikrul.

Sementara itu, H Syafaruddin, M.Pd, selaku ketua tim Visitasi penilaian lomba KUA teladan 2024 tingkat Provinsi NTB yang hadir langsung untuk memberikan penilaian di Kantor KUA Kecamatan Dompu mengatakan bahwa tim sudah mengawali penilaian tersebut di pulau Sumbawa.

" Kita sudah memulai dan di awali di Kabupaten Sumbawa Barat (KUA Brangrea) , Kabupaten Sumbawa ( KUA Kecamatan Sumbawa), Kabupaten Bima ( KUA Kecamatan Bolo, Kota Bima (KUA Kecamatan Rasa Na'e Barat), dan hari ini Jum'at terakhir adalah Kabupaten Dompu (KUA Kecamatan Dompu)", katanya.

Hal pertama yang dijumpai tim saat mendatangi KUA Kecamatan Dompu adalah masalah kebersihan.

" Kita lihat secara zdahirnya dulu adalah masalah kebersihan, dan kami lihat bersih tapi inikan belum kita periksa ke belakang juga nanti kita periksa semua", ucapnya.

Ketua tim H. Syafaruddin memberikan apresiasi kepada KUA Kecamatan Dompu karena mampu dan intens melakukan kerjasama dengan pihak lain. " BKKBN Puskesmas merupakan leading sektor dan ada keterkaitan dari KUA dan ini tadi bagus karena mereka bisa datang kemudian menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan", tuturnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan bimbingan Calon Pengantin (catin) yang dilaksanakan KUA Kecamatan Dompu setiap Hari Rabu pagi, H. Syafaruddin juga berkomentar positif, " kalau hal itu dilakukan, itu sangat bagus" ungkapnya.

Setelah penilaian Lima Kabupaten di pulau Sumbawa, tim akan melanjutkan penilaian di pulau Lombok pada Tanggal 12-16 Agustus 2024. Kabupaten yang lolos pada lomba tingkat Provinsi tersebut akan mewakili provinsi NTB dalam lomba KUA percontohan tingkat Nasional.(TN).