Dompu
, - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Dompu, Minggu, (1/9/2024) pagi menggelar Muscab ke V Tahun 2024 di Gedung PKK Kabupaten Dompu.

Bung Man, usai dipilih secara aklamasi menyebut, kegiatan ini dimaksudkan untuk melanjutkan regenerasi organisasi dan pembentukan pengurus MPC pemuda Pancasila Kabupaten Dompu.

"Tentunya kita ingin membumikan Pancasila di Bumi Nggahi Rawi Pahu," tegas Bung Man.

Hadir saat kegiatan antara lain Ketua MPW Pemuda Pancasila NTB, Eddy Sophian, Asisten 3 Setda Dompu (mewakili Bupati), Kapolres Dompu diwakili Kabag Ops AKP Syamsurijal, S.Sos., Kepala Kesbangpol, Ketua PC. Panca Marga Dompu dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Di sisi Peserta, tampak seluruh anggota dan pengurus MPC Pemuda Pancasila Kab. Dompu serta PAC Pemuda Pancasila dari 8 Kecamatan sejumlah tak kurang dari 65 orang.

Pada pelaksanaannya, usai Menyayikan Lagu Indonesia Raya, lantunan Mars Pemuda Pancasila juga turut didengungkan di ruang PKK sekaligus dibacakannya Ikrar Pemuda Pancasila.

Terkait acara, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi NTB dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur atas terselenggaranya kegiatan sekaligus terpilihnya Abdurrahman atau yang akrab di sapa bung Man secara aklamasi.

Eddy juga menjelaskan bahwa Pemuda Pancasila ini didirikan pada 28 Oktober 1959, oleh jenderal A Haris Nasution, sebentar lagi akan menggelar Miladnya yang ke 65.

"udah jelas ORMAS PP dengan umur yang ke 65 semakin mateng dan berkualitas dalam menjalankan tugas ormasnya, program kerja segera akan di susun demi kesejahteraan masyarakat, seperti bakti sosial, pemberdayaan masyarakat, menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan sebagainya," papar Eddy.

Eddy juga menghimbau kepada seluruh kader PP dimana saja berada dan khusus di kab dompu untuk menjaga stabilitas dan kemananan dalam menyongsong PILKADA yang sebentar lagi dilaksanakan, "sehingga kita bersama terwujudnya pilkada berkualitas dan berintegritas," pintanya.

Sementara itu, Bupati Dompu yang diwakili Asisten 3, Ir. Ruslan terkait Pemuda Pancasila mengharapkan jelas adanya sinergitas yang positif demi kemajuan kab dompu.

"Beberapa aspirasi masyarakat yang kiranya belum terwujud, pemuda pancasila selalu abadi, walau beberapa lama sejak berdiri, dengan kepemimpinan baru nanti hasil Muscab akan membawa warna loreng semakin nampak," ujar Ruslan. 

Ia juga berharap Pemuda Pancasila Dompu dapat menjadi garda terdepan menjaga ideologi pancasila, "dan nantinya ikut membangun kab dompu, dan sebentar lagi Dompu dengan tambangnya, pemuda pancasila pun akan punya andil menjaga investasi besar tersebut," tambahnya.

Selebihnya, Musyawarah Cabang oleh ketua sidang sebagai hajatan pokok dilangsungkan hingga pada penghujung Muscab dirangkai dengan Penda tanganan surat pernyataan calon ketua MPC Kabupaten Dompu.

Di dalam balutan Muscab, juga dilakukan Penetapan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Dompu 2024 secara Aklamasi, disusul Penyerahan bendera Petakan oleh ketua MPW Pemuda Pancasila NTB kepada Ketua MPW Pemuda Pancasila Kabupaten Dompu Terpilih.

Di pamungkas acara, diisi dengan penandatanganan berita acara Muscab MPC Pemuda pancasila Kab. dompu hingga ditutup dengan sesi foto bersama.(TN).